Posted by : Windi Ariska Kamis, 02 April 2015

Penyebab dari polis asuransi dibatalkan adalah karena terlambatnya membayar premi. Meski kita memiliki asuransi mobil terbaik, namun jika pembayar premi yang dilakukan telah lewat dari jatuh tempo, tetap saja asuransi kita akan dibatalkan. Kalau hal yang bersifat manual, tentunya itu akan memungkinkan terjadinya resiko keterlambatan, penyebabnya karena lupa membayar atau tidak sempat membayar karena terlalu sibuk.



  • Sangat disayangkan jika asuransi kendaraan terbaik yang kita pilih untuk melindungi kendaraan kita dibatalkan karena kelalaian kita membayar premi yang sudah menjadi kewajiban kita. pembatalan tersebut tidak semata-mata karena ulah perusahaan asuransi tersebut, namun semuanya itu ada dasar yang menguatkannya.
  • Menurut ketentuan PSAKI pasal 2 menyebutkan proses premi asuransi wajib dibayar dalam tenggang waktu 30 hari dari tanggal berlakunya polis asuransi.
  • Selain ketentunan PSAKI, aturan tersebut juga disebutkan dalam polis standar AAUI, yaitu premi harus dibayar lunas dalam jangaka waktu 30 hari. jika premi tersebut terlambat dibayar, maka polis yang anda miliki otomatis akan dibatalkan tanpa ada menerbitkan endorsmen pembatalan.
  • Perusahaan asuransi akan terbebas dari semua kewajibannya yang ditanggung jika kedua aturan tersebut terjadi.

Penjelasan di atas juga merupakan salah satu hal penyebab kenapa klaim yang diajukan bisa ditolak. Maka dari itu, sebelum asuransi anda dibatalkan sebaiknya anda memenuhi kewajiban membayar premi sebelum tanggal jatuh tempo. Agar asuransi yang anda miliki bisa efektif digunakan.
baca artikel lainnya di aessina.com.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -