Beberapa Penyebab Mahalnya Biaya Asuransi Mobil


Masalah lama saat seseorang akan membeli asuransi selalu kepada besarnya biaya asuransi atau premi yang harus dibayarnya pada pihak asuransi. Mereka mengeluhkan akan besarnya biaya tersebut karena bisa jadi belum memahami akan beberapa penyebab yang justru membuat premi atau biaya asuransi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi menjadi mahal. Padahal untuk sekarang ini memiliki asuransi sangat penting sebagai perlindungan dan juga dapat dijadikan sebagai investasi untuk kedepannya.

Biaya asuransi atau premi yang harus dibayarkan merupakan suatu kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemegang polis sebagai imbalan atas pihak asuransi yang memberikan ganti rugi atau perlindungan terhadap barang yang diasuransikan. Untuk hal tersebut besarnya biaya asuransi ini bisa ditentukan karena beberapa penyebab yang dilakukan oleh pemegang polis sendiri, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Tambahan perlindungan yang diberikan. Untuk hal ini dalam asuransi mobil bisa berupa dalam jenis asuransi all risk atau cmprehensive yang dalam polisnya tidak tertulis akan perlindungan yang diinginkan. Misalnya adanya perlindungan dari bencana alam atau perlindungan dari banjir, dan sebagainya. Adanya tambahan akan perlindungan ini tentu akan berdampak pula pada tingginya biaya asuransi yang harus dibayarkan.

Bagaimana dengan kondisi mobil. Kondisi mobil yang baik atau baru dengan kondisi mobil yang sudah lama dan sering rusak, tentu akan berbeda pula dalam biaya asuransinya. Pihak perusahaan asuransi tidak akan mau mengambil resiko dengan mobil yang sudah lama dan banyak kerusakannya karena dapat berpengaruh terhadap biaya perawatan nanti. Sehingga dalam biaya asuransinya menjadi lebih mahal.

Bagaimana dengan usia pengendara. Untuk anda yang dalam usia muda maka dalam biaya asuransi yang dikenakan biasanya akan mendapat potongan dibandingkan dengan yang memiliki usia cukup tua misalnya di atas 60an. Hal ini dikarenakan akan resiko dari kecelakaan yang lebih banyak terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut dibandingkan dengan yang masih muda. Sehingga untuk antisipasi dari pihak perusahaan akan memahalkan biaya asuransi bagi mereka yang sudah berusia lanjut.