Tips Mudah Menghafal Al Qur'an Untuk Anak

Anak merupakan anugerah sang pencipta yang mana kita harus menjaganya, merawatnya, dan mendidikanya supaya menjadi anak yang sholeh dan bermanfaat. Setip orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, baik ketika di dunia maupun di akhirat nanti, salah satunya menjadikan anak sebagai penghafidz Al Qur’an.
Tips Mudah Menghafal Al Qur'an Untuk Anak
Orang tua mana yang tidak bangga apabila anaknya menjadi seorang hafidz Al Qur’an, yang mana nanti diakhirat akan mendapatkan pahala dan tempat terbaik disisi Allah SWT. Oleh karena itu, semua orang tua kini berlomba-lomba untuk mengajarkan dan mendidik anaknya supaya kelak bisa menjadi seorang penghapal Al Qur’an.

Namun banyak orang tua yang masih bingung bagaimna cara mudah menghafal Al Qur’an bagi anak mereka, tapi anda tak usah khawatir karena kami mempunyai beberapa tipsnya.

1.  Mendengarkan Al Qur’an Pada Setiap Kesempatan

Cara mudah menghafal Al Qur’an yang pertama adalah dengan memperdengarkan lantunan Al Qura’an pada setiap kesempatan, ini bertujuan supaya anak terbiasa dengan apa yang dia dengar. Teknik ini sama dengan ketika anak kita mulai berbicara, yang mana anak harus bisa medengarkan terlebih dahulu kemudian baru bisa berbicara. Pada masa anak-anak ataupun balita otak mereka layaknya spons yang bisa menyerap sesuatu dengan mudah apalagi dilakukan secara berulang ulang, maka dari itu ini kesempatan baik bagi para orang tua yang ingin mengajarkan Al Quran kepada anak-anak.

2.  Gunakanlah Media Belajar Yang Menyenangkan

Masa anak-anak merupakan masa yang sedang asyik-asyiknya bermain, mereka cenderung tidak fokus pada suatu hal. Maka dari itu para orang tua harus mencari cara alternatif untuk mengajarkan hafalan Al Qur’an pada anak, misalkan anak yang suka nonton tv anda bisa membelikan kaset animasi anak yang husus mempelajari hafalan Al Quran dengan begitu ini bisa dijadikan cara mudah menghafal Al Quran pada anak namun tetap menyenangkan.

Itulah beberap tips supaya anak anda bisa dengan mudah menghafal Al Quran, supaya anak makin termotivasi untuk bisa menghafal Al Quran anda bisa memberikan pengahargaan kepada anak baik berupa pujian, tepuk tangan ataupun memberikan barang yang mereka suka apabila sikecil bisa melakukannya. Semoga Bermanfaat!

0 komentar: