Lemak Baik Sangat Dibutuhkan Tubuh



Kata “ lemak” identik dengan zat-zat berbahaya. Apalagi untuk orang yang mempunyai penyakit kolesterol atau diabet, kata lemak merupakan momok yang menakutkan. Apalagi kata lemak disatukan dengan kata jahat. Kata “ Lemak jahat” memperburuk kesan negative terhadap kata tersebut. Padahal tidak semua lemak berbahaya bagi tubuh. Ada lemak yang sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak. Lemak baik atau yang sering disebut lemak tak jenuh sangat dibutuhkan untuk pelarut zat-zat makanan yang diserap tubuh.

Berikut akan dijelaskan fungsi lemak bagi proses tumbuh kembang anak, yaitu untuk :

1. Pelarut vitamin dalam tubuh

Vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses tumbuh kembang,apalagi pada anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang pesat. Ada beberapa vitamin yang baru bisa larut dalam tubuh dan dapat diserap manfaatnya untuk proses tumbuh kembang. Vitamin-vitamin tersebut adalah vitamin A, vitamin D,vitamin E, dan vitamin K. Tanpa dilarutan oleh lemak baik, vitamin-vitamin tersebut belum bisa bermanfaat bagi tubuh.

2. Meningkatkan kekuatan berfikir

Lemak baik yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak adalah asam lemak omega-3. Lemak baik ini bermanfaat untuk dapat menyimpan berbagai informasi,pembentukan mood, dan meningkatkan kemampuan belajar.

3. Menjadi cadangan energy

Anak yang sedang mengalami tumbuh kembang yang pesat, tentu membutuhkan banyak energy untuk kegiatanya. Dalam hal ini, lemak berfungsi untuk memasok energy apabila energy yang berasal dari karbohidrat dan protein belum terbentuk. Lemak baik ini akan diuraikan oleh sela tubuh dan diubah hingga berbentuk energy.

4. Menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh

Selain berfungsi untuk meningkatkan daya fikir anak, asam lemak omega-3 juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Zat ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melancarkan proses penyerapan zat-zat makan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga omega-3 ini dapat memperlancar peredaran darah

Dari beberapa fungsi lemak baik yang sudah dijelaskan di atas dapat disimpulkan bahwa tumbuh kembang anak sangat membutuhkan pasokan lemak. Adapun sumber makanan yang mengandung lemak baik ini seperti kacang-kangan, biji-bijian, ikan, telur, alfukat, dan lain-lain.