Diet Sehat Tanpa Mengkonsumsi Nasi


Nasi merupakan makanan pokok, terutama bagi sebagian besar penduduk di Indonesia. Namun, tahukah anda bahwa nasi juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas dan berisiko tinggi terhadap diabetes? Jika dikonsumsi secara berlebihan, ternyata nasi dapat menimbulkan masalah gangguan kesehatan seperti lelebihan berat badan (obesitas) dan diabetes. Itu sebabnya, seseorang yang telah menderita penyakit kelebihan gula darah ini dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi nasi. Seseorang yang kurang mengkonsumsi nasi juga dapat beresiko terhadap gangguan rendahnya gula dalam darah. Untuk itu, alangkah baiknya jika kita mengatur asupan sumber karbohidrat ini sesuai dengan kebutuhan dalam tubuh meskpiun nasi berperan sebagai makanan utama yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari.

Bagi beberapa orang yang telah mengalami kelebihan gula darah (diabetes) sudah dipastikan tidak boleh mengkonsumsi nasi. Selain itu, mereka yang mengalami obesitas juga sudah seharusnya menghindari konsumsi nasi dan bisa menggantinya dengan jenis makanan lain sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badannya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang bisa anda jadikan sebagai menu sehat dalam program diet anda :

  1. Singkong, adalah makanan sebagai pengganti nasi yang cocok untuk program diet anda dengan cara direbus. Anda juga bisa mendapatkan aneka jajanan tradisonal dari singkong seperti tiwul, getuk, cetot, yang bebas dari minyak. Singkong mengandung cukup serat yang mampu mengusir kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Jagung, merupakan jenis makanan yang sering dijadikan sebagai menu makanan utama tanpa mengkonsumsi nasi dalam program diet sehat. Anda bisa mengolahnya menjadi jagung rebus, jaugng kukus, maupun nasi jagung tanpa menambahkan bumbu apapun dalam pengolahannya.
  3. Kentang, merupakan sumber karbohidrat yang dapat menggantikan peran nasi sebagai makanan utama dalam menu harian anda. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, serat dan rendah kalori yang cocok untuk program diet sehat anda. Untuk mendapatkan manfa’atnya, anda bisa mengolahnya menjadi bubur kentang maupiun kentang rebus yang dibuat tanpa menambahkan bumbu penyedap kedalamnya.

Beberapa jenis makanan pengganti nasi diatas dapat anda jadikan sebagai menu diet sehat yang dapat membantu proses penurunan berat badan maupun menjaga kesehatan agar mengurangi resiko gangguan kesehatan seperti diabetes (kelebihan kurang darah).