Posted by : Windi Ariska Rabu, 24 Agustus 2016


Di Indonesia saat ini banyak provider yang berlomba untuk mempersiapkan jaringan 4G untuk penggunaan jaringan internet yang lebih cepat. Tapi apakah anda tahu apa perkembangan jaringan internet dari awal hingga mencapai generasi 4G? Mari kita simak bersama-sama perkembangannya di bawah ini.

Untuk lebih mengetahui antara teknologi jaringan internet 3G dan 4G pertama anda harus tahu terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan huruf “G” itu sendiri. G adalah singkatan dari “Generasi” yang berkaitan dengan kecepatan transmisi data. Jadi maksud untuk 3G adalah generasi ke 3 sedangkan untuk 4G adalah generasi ke 4. Berikut ini sejarah perkembangannya :
  • Pertama, ada generasi yang disebut dengan “1G” - Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) dengan kecepatan 14.4 kbps
  • Kemudian berkembang menjadi 2G - Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) dengan kecepatan 9-14.4 kbps
  • Selanjutnya berkembang menjadi 2,5G - Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) dengan kecepatan 20-40 kpbs
  • Lalu berevolusi menjadi 3G - Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) dengan kecepatan 500-700 kbps, yang saat ini masih banyak menggunakan.
  • Lalu berevolusi kembali menjadi 3,5G - Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA dengan kecepatan dapat mencapai 7.2Mbps, saat ini jaringan 3,5G merupakan jaringan tercepat yang paling banyak di gunakan di Indonesia.
  • Kemudian meningkat menjadi 4G - Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE)
Itulah pekembangan jaringan internet dari awal hingga samapai ke generasi 4G. Untuk 4G sendiri yang merupakan salah satu jaringan internet yang terceapat saat ini 500 kali lebih cepat dari pada CDMA2000 yang dapat memberikan kecapatan hingga mencapai 1Gbps jika anda dirumah atau 100Mbps ketika anda bepergian. Ini membuktikan bahwa 4G merupakan jaringan internet yang lebih baik dari sebelumnya. Bayangkan saja, dengan kecepatan super itu, kita dapat mendownload film dengan kualitas HD dengan hanya beberapa menit bahkan hitungan detik. Untuk mendownload berkapasitas 6Gb saja, hanya memerlukan waktu sekitar 6 menit saja, luar biasa bukan.



- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -