Posted by : Windi Ariska Selasa, 22 November 2016


Anak akan selalu berkembang pada setiap usianya dari mulai 0 bulan sampai dengan mereka besar. Tahap perkembangan anak pada usia 0-1 tahun sangat pesat sekali, ada berbagai hal baru yang ditunjukan anak kepada orang tuanya pada usia tersebut. Pada usia 1-2 tahun anak memiliki kemampuan atau perkembangan baru yang dapat ia tunjukan kepada orang tuanya. Orang tua harus tetap mengawasi setiap kegiatan anak pada usia tersebut karena banyak yang ditunjukan anak itu merupakan perkembangan motoriknya atau banyak gerakan yang mungkin bias membahayakan anak. Oleh karena itu, orang tua harus selalu mendampingi dan memperhatikan kegiatan anaknya.
Lalu, perkembangan apa saja yang ditunjukan anak kepada orang tuanya? Perkembangan yang ditunjukan anak kepada orang tuanya adalah sebagai berikut ini :
  1. Pertama anak akan mulai melangkahkan satu persatu kakinya dan selalu berjelan pada setiap waktunya, bahkan pada saat anak 14 atau 15 bulan ia akan belajar atau berusaha untuk berjalan di tangga, satu persatu anak tangga akan ia naiki dan lewati, tentu saja ia harus didampingi oleh orang tua agar keselamatannya terjaga.
  2. Anak akan senang jika menyimak hal baru yang ia ketahui, seperti menyimak orang tuanya yang membacakan cerita, memperkenalkan benda, dan yang lainnya.
  3. Sesudah anak menyimak dengan baik maka setelah itu anak akan mengucapkan kembali dan mengingat setiap hal atau benda baru yang ia kenal, seperti ia akan menyebutkan kata-kata yang ada pada cerita, menyebutkan nama benda, dan menyebutkan anggota tubuhnya yang ia baru kenal.
  4. Anak akan senang jika ia bermain. Berikan mainan yang akan memberikan pelajaran untuk anak dan bukan hanya sekedar bermain seperti misalnya puzzle huruf, hewan, atau yang lainnya.
  5. Anak akan meminta satu permainan yang menurutnya ia akan berhasil melakukan hal tersebut. Jika anak berhasil berikan pujian kepada anak. Dengan begitu, anak akan senang dan bahagia dan ia pun akan mulai mengetahui apa yang benar dan apa yang salah ketika ia sedang bermain.

Itulah tahap perkembangan anak pada usia 1-2 tahun yang harus anda tahu agar anda dapat memberikan stimulus yang baik pada usia tersebut.

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -