Posted by : Windi Ariska Minggu, 15 November 2015

Cara mencegah diabetes memang sangat banyak tapi hanya mempan untuk diabetes tipe kedua. Karena belum ada cara mencegah diabetes tipe pertama. Diabetes memang penyakit berbahaya karena menyerang hormone insulin. Apa insulin? Insulin adalah hormon yang ada pada tubuh manusia. Insulin bekerja sebagai zat kimia yang membantu tubuh Anda menggunakan glukosa dalam darah Anda untuk memberikan energi. Anda dapat menganggapnya sebagai kunci yang membuka pintu ke sel-sel tubuh. Begitu pintu dibuka, glukosa dapat masuk ke dalam sel di mana ia digunakan sebagai bahan bakar.

Pada diabetes tipe 1 tubuh tidak mampu memproduksi insulin apapun sehingga tidak ada kunci untuk membuka pintu, dan glukosa menumpuk dalam darah. Tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk menyediakan energi dan mencoba untuk mendapatkannya dari tempat lain dan mulai merusak bagian tubuh yang mengandung lemak dan protein sebagai gantinya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan. Tidak ada yang tahu pasti mengapa sel yang memproduksi insulin ini telah hancur, namun penyebab yang paling mungkin adalah tubuh memiliki reaksi abnormal pada sel-sel. Ini mungkin dipicu oleh virus atau infeksi lainnya.
cara mencegah diabetes dengan mengenal factor risiko diabetes itu sendiri
mencegah diabetes

Faktor risiko diabetes. Sekitar 90 persen orang berisiko terjangkit diabetes tipe 2. Hal ini dapat datang perlahan-lahan, biasanya di atas usia 40. Tanda-tanda mungkin tidak jelas, atau mungkin ada ada tanda-tanda sama sekali. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui faktor risiko dan mencari tahu risiko Anda, karena Anda dapat melakukan sesuatu tentang hal itu. Berikut faktornya. Anda memiliki pinggang yang besar (lebih dari 80cm / 31,5 inci pada wanita, 94 cm / 37 inci pada pria atau 90cm / 35 inci pada pria Asia Selatan). Anda memiliki orangtua, saudara atau saudari dengan diabetes. Anda pernah memiliki tekanan darah tinggi, serangan jantung atau stroke. Anda menderita skizofrenia, penyakit bipolar atau depresi, atau Anda minum obat anti-psikotik. Cara lain untuk mengenal resiko adalah dengan mengukur ukuran pinggang Anda. Ukuran pinggang Anda tidak selalu ukuran celana Anda. Untuk mendapatkan ukuran pinggang yang akurat, menemukan bagian bawah tulang rusuk dan bagian atas tulang pinggul Anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -