Posted by : Windi Ariska Selasa, 14 Juni 2016

salah satu dari manfaat asuransi mobil ialah mengurangi resiko kreugiak akibat hal yang tidak terduga pad kendaraan mobil ini. Inilah yang menjadi salah satu alasan para pemilik mobil dalam melindungi salah satu aset berharganya, apalagi dengan mobil-mobil mewah yang harganya begitu mahal dengan kisaran miliyaran rupiah. Manfaat tersebut akan diterima setelah terlebih dahulu melalui proses pengajuan klaim. Maka di dalam pengajuan klaim asuransi mobil ini masih banyak masyarakat teruatam para pemiliki yang belum mengasuransikan mobilnya yang belum memahami dan mengerti tentang cara atau prosuder yang benar dalam pengajuan klaim tersebut. 

Ketika anda mengalami kecelakaan dan mobil masih bisa di jalanakan, ada baiknya mobil tersebtu di bawa ke salah satu bengkel yang di tunjuk oleh perusahaan asuransi. Dan apabila mobil anda mengalami kerusakan berat maka mobil tersebut difoto atau didokumentasikan terlebih dahulu. Foto tersebut nantinya akan mejadi salah satu bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan. Dan ini lah dokumentasi kecelakaan yang harus anda ketahui :

  • Formulir klaim yang sudah diisi. Proses klaim baru nantinya akan dilakukan oleh perusahaan asuransi apabila pemegang polis telah mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  • Salinan atau fotokopi polis asuransi mobil. Dokumen ini nantinya sebagai bukti bahwa pemegang polis memang benar menjadi nasabah pada sebuah perusahaan asuransi. Selain itu, dokumen ini untuk mengetahui apakah premi telah dibayar atau belum.
  • Salinan atau fotokopi SIM.
  • Salinan atau fotokopi STNK.
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat. Dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan asuransi untuk memberikan ganti rugi atau tidak.

Pemegang polis harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh perusahaan asuransi. Formulir tersebut merupakan salah satu dokumen kelengkapan untuk persetujuan klaim asuransi mobil. Selanjutnya adalah memberi informasi mengenai kronologis kejadian kepada perusahaan asuransi dengan informasi sebenar-benarnya. Hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari perusahaan asuransi apakah klaim akan disetujui atau ditolak. Selain itu, pemegang polis wajib melengkapi beberapa dokumen yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -