Ketahui Beberapa Pantangan demi Menjaga Kesehatan Ibu Hamil


Hamil atau mengandung calon buah hati merupakan salah satu idaman setiap pasangan yang telah berumah tangga. Karena dengan hadirnya anak di tengah-tengah kebahagiaan akan membuat suasana rumah dan kehidupan menjadi lebih bermakna dan tentunya semakin meningkatkan pula kekuatan cinta diantara keduanya. 

Seperti yang sering kali terjadi di lingkungan kita, bahwa ada sepasang suami istri yang merasa kurang bahagia hidup bersama pasangannya tersebut kemudian ingin berpisah atau cerai, namun karena melihat kebahagiaan dan masa depan anak keingingan halal namun dibenci oleh Tuhan (bercerai) menjadi terhalang, dan pada akhirnya mereka berusaha untuk saling memahami satu sama lain dan hidup lebih damai. Bagi anda yang saat ini belum dikaruniai momongan selalu berusaha dan tepatlah bersabar, adapun bagi anda yang tengah menjalani proses kehamilan maka bersyukur dan selau berusaha untuk tetap mengutamakan kesehatan ibu hamil.

Sebab kesehatan ibu hamil memiliki peranan yang cukup penting, di mana hal tersebut dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin hingga ia terlahir menjadi seorang bayi. Untuk itu ada beberapa hal yang menjadi pantangan bagi para ibu hamil, diantaranya sebagai berikut:

Ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang dimasak setengah matang, karena dikhawatirkan makanan tersebut masih mengandung parasit, ataupun bakteri yang dapat memberikan dampak negatif terhadap keselamatan janin. Misalnya daging unggas yang dibakar, walaupun luarnya nampak kering bahkan gosong namun di bagian dalam daginnya belum matang sempurna. Menurut beberapa ahli bahwasannya dalam daging unggas mentah terdapat bakteri Listeria, yang bisa menimbulkan terjadinya keguguran.

Kemudian hindari meminuman minuman yang mengandung kafein pun minuman yang beralkohol. Sebab, minuman berkafein akan membuat ibu hamil sulit untuk tidur, yang pada akhirnya memicu terjadinya stres. Adapun minuman beralkohol apabila dikonsmsi ibu hamil makan akan menimbulkan cacar bawaan. Untuk itu, bagi anda yang terbiasa mengkonsumsinya, sebaiknya hindari dan jangan minum sedikutpun karena alkohol berapapun banyaknya tetap menjadi racun bagi janin.