Posted by : Windi Ariska Kamis, 18 Agustus 2016

Dalam mengatur menejemen keuangan keluarga sangatlah penting, pasalnya setiap keluraga pasti selalu menginginkan agar kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi, ingin hidup nyaman dengan tanpa hutang dan memiliki mimpi dengan perencanaan ke masa depan seperti membeli mobil, rumah dan pergi haji ke Arab saudi. Intinya dalam mengatur menejemen keungan keluarga, yaitu mengurutkan anggaran belanja berdasarkan prioritas. Maka dari itu, berikut ini ada prioritas urutan pengeluaran yang harus anda ketahui :

1.Tunaikan kewajiban dari Hak Allah SWT.
 
Untuk pengeluaran ini jumlah sudah saklek, karena sudah memiliki batas minimal yang harus dibayarkan serta resiko juga sangat besar apabila di abaikan. Maka ini adalah menjadi salah satu prioritas utama dalam pengeluaran. Hak Allah SWT ini seperti kewajiban membayar zakat, bersedakah dan menunaikan wakaf. Untuk pengeluaran ini sudah termaktub yaitu sebesar 5% dari pendapat. Untuk menunaikan zakat sebesar 2,5% dan sisanya dapat digunakan bersedekah ataupun wakaf. 

2. Hak Orang Lain (Hutang)
Hak seperti ini memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi apabila diabaikan. Karena akan berdampak pada finansial (denda, bunga). Maka dari itu, ini menjadi salah satu prioritas pengeluaran setelah zakat.
 
3. Menyisihkan Hak sendiri (investasi masa depan)
Pengeluaran masa depan adalah prioritas selanjutnya. Kita dapat mengluarkan anggaran untuk masa depan kita berupa investasi, asuransi dll. Sebaiknya kita sisihkan 20% dari penghasilan untuk investasi masa depan kita.

Itulah tips dalam membuat prioritas anggaran kita baik untuk ataupun pengeluaran lainnya. Jika anda memang sedang berhemat dalam melakukan belanja untuk kebutuhan rumah tangga, ada baiknya anda pergi ke mini market yang memang memberikan biaya yang murah untuk kehidupan anda. Seperti contoh di minimarket online mumu, menyediakan berbagai kebutuhan untuk keluarga anda muali dari makanan sampai kebutuhan lainnya dengan harga yang murah. Ini dapat anda lakukan secara online, dan akan memberikan pengeluaran yang sedikit sehingga anda tidak lagi mengeluarkan uang yang berlebih.
kebutuhan rumah tangga

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -