Penyebab Susah Buang Air Besar


Buang Air Besar adalah aktivitas tubuh yang sangat penting untuk membuang sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan tubuh. Aktivitas tubuh ini sama halnya dengan membuang sampah. Apa jadinya ketika di rumah atau di lingkungan kita banyak sampah yang belum dibuang. Selain menimbulkan bau busuk yang menyengat juga mengundang berbagai penyakit. Apalagi apabila sampah-sampah tersebut berada di perut kita. Rasa tidak enak badan seperti demam, sariawan, gejala-gejala panas dalam dan lain sebagainya akan kita rasakan sebagai akibat dari susah buang air besar pada awalnya.
Adapun hal yang mènyebabkan susah buang air besar adalah sebagai berikut.

Pengaruh dari kehamilan
Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan susah buang air besar dapat disebabkan oleh kehamilan. Saat hamil, tubuh ibu hamil lebih banyak memproduksi hormone progesterone yang menyebabkan otot menjadi kendur sehingga elastisitas otot usus untuk berkontraksi lebih sulit.

Buruknya pola makan sehari-hari
Idealnya, ketika kita makan harus mengandung serat alami dan cairan. Hal itu dapat dipenuhi dari buah-buahan dan sayuran. tapi karena kesibukan dan banyaknya penjual makanan instan, sering kali buah-buahan dan sayuran jarang dikonsumsi. Efeknya menjadi susah bab.

Pengaruh dari penggunaan obat-obatan tertentu
Penggunaan obat-obatan seperti pereda nyeri secara terus-menerus akan menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar. Selaian obat pereda nyeri, masih banyak obat-obatan yang mempunyai efek samping susah buang air besar seperti obat penyerap kalsium,obat antiepilepsi, obat antidepresan, dan lain-lain

Sering Menahan diri ketika ingin buang air besar
Kita seringkali menahan diri untuk buang air besar dengan berbagai alasan. Mungkin karena sedang dalam perjalanan, toilet yang dipakai oleh orang banyak sehingga ngantri untuk bisa menggunakannya, karena tidak nyaman dengan toilet yang kotor, dan lain sebagainya. Kondisi inilah yang menyebabkan konstipasi terjadi.
Selain penyebab yang diuraikan di atas tentu masih ada penyebab lain yang menyebabkan susah buang air besar. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.