Data Capture Mengubah Hard File Menjadi Database

Data Capture Mengubah Hard File Menjadi Database
Data capture adalah salah satu jenis system yang saat ini banyak dicari untuk membuat data-data yang berada dalam bentuk hard file menjadi bentuk soft file atau dalam bentuk database yang dapat memudahkan penyimpanan data dan juga memaksimalkan data efisiensi penyimpanan data. 

Saat ini ada banyak sekali jasa yang menyediakan layanan untuk capture data ini dan tentu saja menjadi salah satu yang cukup dicari dan juga bermanfaat untuk membuat berkas-berkas data hard menjadi database yang mudah untuk diakses. 

Berbagai macam data atau dokumen dalam bentuk hardcopy maupun dalam bentuk tulisan tangan bisa diubah menjadi bentuk digital yang akan memberikan kemudahan untuk mengaksesnya.

Jika sudah diubah dalam bentuk digital, tentu saja file-file tersebut bisa diakses dan dibaca dengan lebih mudah dan lebih praktis. Selain bisa dibaca, semua data yang sudah diproses dengan menggunakan data capture ini juga dapat diedit jika terdapat kesalahan dalam penulisannya. 

Selain dapat diedit, ada juga beberapa proses lebih lanjut yang bisa dilakukan pada data-data tersebut sehingga data akan lebih mudah untuk diproses dan juga dikoreksi. 

Pada proses capture data ini, digunakan sebuah teknologi yang dapat mengenali dan juga mengubah data yang berupa bentuk cetakan computer atau juga tulisan tangan menjadi sebuah data dalam bentuk digital dengan teknologi ICR, OCR, barcodes atau juga teknologi OMR. 

Ada banyak keuntungan dan manfaat dari proses capture data diantaranya adalah untuk bisa mempermudah pencarian dokumen, mempermuda data untuk bisa dibagikan, dan juga keamanan data akan lebih maksimal, penggunaan biaya lebih efisien, proses yang lebih cepat untuk input data, SDM yang juga dapat lebih efisien serta kesalahan yang mungkin ditimbukan saat input data juga bisa lebih sedikit. 

Proses data capturing ini bisa digunakan untuk beberapa proses input data seperti input system kartu kredit pada system, input hasil test, dan lainnya. RDS bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk membantu anda dalam proses data capture.

0 komentar: