Posted by : Windi Ariska Jumat, 09 September 2016

Pekerjaan apapun tentu memiliki risiko masing-masing, termasuk sebagian orang yang selalu bekerja dalam berbagai proyek tertentu yang berhubungan dengan bangunan. Risiko kecelakaan harus dihindari dengan menggunakan berbagai alat yang aman dan mendukung kelancaraan dalam bekerja.
Menggunakan Scaffolding Untuk Bangunan Tinggi
Salah satu alat yang penting digunakan untuk membantu pekerjaan di bidang kontruksi adalah scaffolding. Alat ini dapat digunakan untuk pekerjaan yang harus dilakukan di tempat yang tinggi. Scaffolding digunakan oleh para pekerja kontruksi sebagai penyangga atau penopang dirinya untuk bekerja di ketinggian. Selain itu, alat ini dapat pula digunakan untuk mengangkut berbagai material-material yang harus dipasangkan di ketinggian pula. 

Banyak kegunaan scaffolding untuk para pekerja kontruksi, seperti mengecat, memasangkan berbagai material, kemudian memasangkan kaca, memasangkan lampu, dan lain-lain. Untuk itu, tidak heran jika banyak bermunculan rental scaffolding karena memang banyak yang membutuhkannya.

Di samping kegunaannya bagi para pekerja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mereka saat hendak rental scaffolding dan menggunakannya. 


Beberapa hal tersebut meliputi kelebihan dan kekurangan sacaffolding yang tentu sangat perlu untuk dipahami. Kelebihan scaffolding yaitu dapat dibongkat pasang. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kelebihan karena jika sacaffolding dipasang secara permanen, maka alat tersebut tidak praktis dan mungkin saja dapat mengganggu dengan ukurannya yang cukup besar. 

Bongkar pasang tersebut dapat dimanfaatkan pula agar dapat berpindah-pindah lokasi pemasangan material. Bayangkan jika tidak dipasang secara permanen, mungkin saja para pekerja harus membuat scaffolding baru di setiap tempat yang dibutuhkan atau harus mengangkut scaffolding. Tentu hal tersebut akan merepotkan.

Kelebihan lain dari scaffolding adalah dapat digunakan di ketinggian untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti mengecat. Dengan scaffolding, para pekerja pun akan leluasa mengecat dan tidak perlu khawatir terjatuh karena alat ini lebih aman dibanding tangga. 

Selain itu sacaffolding juga dapat digunakan untuk hanya memasangkan berbagai material seperti lampu, kaca, AC, dan material lainnya. Di samping kelebihan, tentu kekurangan dari alat ini pun perlu diperhatikan oleh para pekerja. Kekurangan scaffolding yaitu karena dapat dibongkar pasang, maka jika pekerjaan dibutuhkan di tempat yang sangat tinggi, sacaffolding dapat ditumpuk atau disambung. 

Hal tersebut yang akan memunculkan risiko kecelakaan bekerja karena terlalu tinggi dan mungkin saja jika scaffolding tidak dipasangkan dengan tepat pekerja akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Namun, tidak perlu khawatir karena penyedia sacaffolding kali ini banyak sekali yang menjamin keamanan penggunaan alat tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -