Posted by : Windi Ariska Selasa, 01 November 2016



Setiap produk memiliki ciri khas masing-masing seperti halnya bolu pisang yang memiliki ciri khas yaitu biasanya bagian tengah kue yang terbelah. Hal tersebut karena adanya penggunaan pengembang pada adonan, dimana pengembang akan mengangkat adonan naik dengan cepat, membuat terdesak ke atas sehingga permukaannya menjadi terbelah. Dapat pula menggunakan loyang yang berukuran kecil. Jika tidak menggunakan pengembang bisa dibantu dengan mengiris permukaan kue menggunakan pisau tajam saat kue setengah matang. Dan harus dilakukan dengan cepat karena terlalu lama di luar oven akan membuat kue menjadi tenggelam dan tidak akan mengembang maksimal.

Proses dari pembuatan bolu pisang ini adalah :
1. Menyiapkan mangkok mikxer, masukkan telur dan gula pasir kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur dengan baik, kemudian naikkan kecepatan mikxer menjadi tinggi hingga telur dan gula pasir mengembang, kental dan berwarna putih pucat. Apabila mikxer di angkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik itulah tandanya kalau adonan sudah pas.
2. Masukkan pisang lumat (pisang tidak di blender cukup menggunakan garpu saja, supaya tekstur pisang tidak hilang). Aduk perlahan secara bolak balik, kemudian masukkan tepung terigu dan aduk kembali dengan spatula yang dilakukan secara perlahan sampai adonan yang terbentuk kental dan pekat.
3. Ambil seperempat adonan dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi mentega yang sudah di lelehkan, aduk perlahan hingga tercampur baik.
4. Masukkan adonan yang sudah tercampur mentega ke dalam adonan sebelumnya, kemudian aduk secara perlahan hingga tercampur dengan baik.
5. Tuangkan adonan ke dalam loyang, kemudian panggang hingga matang.

Tes kematangan kue dengan menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka kue telah matang dan kue bolu pisang siap untuk disajikan. Apabila dalam pembuatan kue ini telur yang di gunakannya dari dalam kulkas, maka telur harus di rendam di dalam air hangat suam kuku selama dua sampai tiga menit, yang berfungsi untuk membuat putih telur menjadi encer sehingga akan mengembang maksimal kala di kocok.

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -