Posted by : Windi Ariska Minggu, 19 Februari 2017


Dimulai Dari Hal Kecil UI Menjadi Universitas Terbaik di Indonesia
Melanjutkan studi ke luar kota merupakan hal yang sulit bagi anak daerah karena mereka harus mencari tempat tinggal selama mereka merantau untuk mencari ilmu. Padahal anak daerah merupakan sumber daya manusia yang perlu digali potensinya. Banyak anak-anak daerah yang berhasil bahkan mereka mampu membawa nama baik universitas bahkan nama baik bangsa ini. Melihat kendala tersebut UI sebagai universitas terbaik melengkapi fasilitas kampus dengan adanya asrama. Asrama ini diharapkan dapat meringankan beban anak daerah.

Mengingat pentingnya keberadaan asrama, maka sejak berdiri UI telah memprioritaskan asrama sebagai kebutuhan utama. UI sebagai universitas terbaik memiliki dua asrama yaitu Asrama Mahasiwa UI Depok dan Asrama Mahasiswa UI Wismarini. Keberadaan asrama pertama terletak di kampus Depok. Asrama ini berkapasitas 480 kamar putra dan 615 kamar putri. Setiap kamar dapat dihuni oleh maksimal tiga orang. Asrama mahasiswa UI Wismarini terletak di Jalan Otto Iskandardinata no. 38 Jakarta Timur. Asrama ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang kuliah di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan program lain yang berada di kampus UI. 

Asrama ini berkapasitas 72 kamar putra dan 111 kamar putri. Berhubung dengan kapasitas kamar yang terbatas, tidak semua mahasiswa UI dapat ditampung. Maka untuk membatasi hal tersebut untuk menjadi penghuni harus melewati proses penyeleksian. Namun tidak sampai di situ saja, setelah menjadi warga asrama setiap mahasiswa wajib mentaati peraturan yang berlaku. Untuk memanjakan para mahasiswa, pihak UI juga menyediakan sarana olah raga untuk menjaga kebugaran mereka. 

Hal ini penting agar mahasiswa UI tetap terlihat fresh meskipun setiap hari harus bergelut dengan buku. Ini untuk menghilangkan image bahwa orang intelek jauh dari olah raga. Hal tersebut salah karena dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat serta intelektualitas yang tinggi. Inilah yang diharapkan UI agar menelurkan lulusan yang sehat badannya, kuat jiwanya, dan tinggi intelektualnya.

Itulah yang menjadi modal utama, UI dapat mempertahankan predikatnya sebagai universitas terbaik di Indonesia. Selain meningkatkan kualitas pada hal-hal berskala besar, UI juga memperhatikan hal-hal kecil yang dapat mendukung ke sejahteraan mahasiswanya. Maka tak heran banyak anak daerah yang tak segan-segan mengikuti tes di UI, meskipun jauh-jauh sampai ada yang tidur di emperan. Mereka yakin setelah lulus di UI, merekalah calon penghuni asrama tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -