Posted by : Windi Ariska Selasa, 21 Maret 2017

Kenali Keluhan - Keluhan Ibu Hamil
Tahukah Anda bahwa kondisi tubuh saat hamil muda ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil. Maka dari itu menjaga kehamilan muda atau pada saat trimester pertama sangatlah penting. Hal ini karena organ-organ janin, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, tulang, dan sebagainya terbentuk pada trimester awal. Akan tetapi, pada kehamilan trimester awal, biasanya ibu hamil mengalami gejala morning sickness, yaitu sering mual-muntah, hingga nafsu makannya hilang. 

Meski begitu Anda harus tetap menjaga kehamilan Anda. Maka dari itu kenalilah beberapa keluhan yang biasa terjadi pada awal kehamilan atau hamil muda.

Mual, muntah dan tidak nafsu makan

Emesis gravidarum merupakan kondisi mual dan muntah pada kehamilan muda. Umumnya terjadi pada ibu yang sedang hamil muda. Adanya aktivitas hormon HCG yang memiliki peranan untuk membantu ibu hamil mempertahankan kehamilan hingga fungsi plasenta sempurna dapat menimbulkan rasa mual, muntah serta tidak nafsu makan. Keadaan atau keluhan mual, muntah dan tidak nafsu makan akan membaik seiring waktu. Umumnya pada saat ibu hamil memasuki usia kehamilan 16 minggu.

Meriang, tidak enak badan

Hal ini sering terjadi saat ibu hamil masuk trimester ke-2. Ibu hamil akan seringkali merasakan meriang dan tidak enak badan. Adanya peningkatan jumlah aliran darah di permukaan kulit ditimbulkan karena perubahan hormonal sehingga menimbulkan kondisi badan yang tidak nyaman meriang pada bulan-bulan ke-4 hingga ke-6.

Panas atau gerah

Kondisi kegerahan atau kepanasan umumnya dirasakan ibu hamil pada saat masuk trimester ke-3. Ibu hamil akan terus menerus merasakan kepanasan hingga berkeringat. Cobalah untuk berpakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat.

Moody

Kondisi perubahan mood sering dialami oleh ibu hamil saat proses kehamilan berlangsung. Umumnya perubahan ini menimbulkan perasaan campur aduk dari ibu hamil terhadap kehamilannya. Terkadang perasaan seperti ini dapat di ekspresikan juga pada orang terdekat seperti suami dan anggota keluarga lainnya.

Keputihan

Meskipun keputihan sering dialami para ibu hamil, tetapi tetap harus waspada. Pada dasarnya semua keputihan harus di waspadai, terutama jika disertai gatal dan bau. Karena keputihan yang gatal, berbau dan berwarna mengakibatkan infeksi yang dapat menimbulkan pecahnya selaput ketuban sebelum waktunya yang akhirnya terjadi persalinan premature.

Itulah beberapa keluhan yang sering dirasakan ibu hamil. Meskipun keluhan sering dirasa tidak nyaman namun menjaga kehamilan adalah hal yang harus dilakukan terutama menjaga kehamilan muda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -