Posted by : Windi Ariska Jumat, 14 April 2017

Fungsi Dan Jenis Modem
Hampir keseluruhan pengguna internet saat ini sudah mengenal apa itu modem. Ya, modem secara sedehana merupakan perangkat yang bisa menghubungkan computer atau gadget pintar dengan internet. Atau dengan kata lain, modem merupakan perangkat untuk bisa akses ke internet. Modem adalah kependekan dari modulator demodulator ialah Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan. 

Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan gabungan dari kedua perangkat tersebut artinya bahwa modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Secara umum, modem dikenal sebagai sebuah perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada computer. 

Berkaitan dengan fungsi modem, perangkat ini secara umum mampu merubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Secara lengkap, fungsi modem adalah mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya, menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan, melakukan modulasi serta demodulasi, melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data dan mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal.

Modem memiliki beberapa jenis. Jenis modem ini disesuaikan dengan perangkat yang digunakan ketika kita ingin terhubung dengan internet. Alat tersebut bisa berupa PC, Laptop atau gadget lainnya. 

Adapun jenis – jenis modem yang ada saat ini adalah sebagai berikut :

1. Modem ISDN. ISDN atau Integrated Services Digital Network merupakan salah satu sistem telekomunikasi di mana terdapat suatu layanan antara data, suara, serta gambar yang diintegrasikan ke dalam jaringan, yang mana menyediakan sebuah konektivitas digital ujung menuju ujung guna menunjang ruang lingkup pelayanan yang cukup luas. 

Para pemakai ISDN ini diberikan sebuah keuntungan yaitu berupa fleksibilitas serta lebih hemat biaya, karena biaya yang digunakan untuk sistem terintegrasi tersebut jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang sifatnya terpisah. 

2. Modem GSM, yaitu suatu jenis modem yang menggunakan ponsel sebagai sistem transfer data. 

3. Modem Analog. Modem yang membuat dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital.

4. Modem ADSL. Modem ADSL atau Asymetric Digital Subscribe Line dapat memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama.

5. Modem Kabel. Modem kabel ialah suatu modem yang dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV Kabel.

6. Modem CDMA. Modem yang memakai frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -