Posted by : Windi Ariska Sabtu, 20 Mei 2017

Teori Strategi Humas

Hubungan masyarakat atau public relations mempunyai fungsi untuk menciptakan komunikasi dan hubungan yang kondusif bagi perusahaan dan masyarakat. Sehingga, terjadi hubungan timbal balik yang mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Teori strategi humas memang dibutuhkan untuk mewujudkan komunikasi yang baik.

Ada beberapa aspek strategi humas yang perlu diperhatikan seperti berikut ini!

Strategi operasional

Strategi operasional bisa diwujudkan melalui pendekatan terhadap masyarakat menggunakan sosial budaya serta nilai-nilai ada yang berlaku. Hal ini berarti pihak humas mesti bertindak sebagai pendengar bukan hanya memberikan aspirasi saja. Pegawai humas masyarakat mampu mendalami karakter masyarakat, bersikap sesuai etika pada lingkungan sekitar serta memahami keadaan masyarakat.

Melalui pendekatan persuasif dan edukatif

Selanjutnya bisa dilakukan dengan pendekatan persuasif yakni melalui ajakan secara halus. Komunikasi harus dilakukan dengan kata-kata yang menarik, sehingga dapat membujuk masyarakat agar mengikuti kehendak perusahaan. Sedangkan pendekatan edukatif adalah dengan mengadakan komunikasi yang memberikan penerangan, pendidikan agar menimbulkan toleransi dan pemahaman yang jelas.

Pendekatan tanggung jawab sosial

Humas ini harus bisa menumbuhkan sikap dan kepercayaan pada masyarakat. Memberikan penjelasan tentang keuntungan yang didapat bukan hanya untuk satu pihak saja, tapi semua pihak juga mendapatkan keuntungan yang sama. Perlu adanya perpaduan keuntungan dan motivasi tanggung jawab sosial.

Kerjasama

Pendekatan pada masyarakat bisa tewujud dengan membina hubungan baik antara organisasi dan berbagai pihak. Dari bahu membahu menciptakan kerukunan dan saling bekerja sama mewujudkan impian akan mejadi jembatan keberhasilan humas. Setelah adanya kerjasama itu, tentu tercipta perubahan sikap positif bagi kedua belah pihak.

Teori Strategi Humas


Pembangunan secara keseluruhan

Langkah terakhir dari teori strategi humas bisa diciptakan melalui adanya program pembangunan nasional. Seperti sama-sama menjaga kebudayaan, menciptakan ekonomi yang kondusif dan saling menjaga keamanan. Perusahaan atau organisasi bisa masuk menjadi bagian suatu masyarakat dengan membantu pembangunan dalam lingkungan tersebut.

Bantuan itu, bisa memunculkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan atau organisasi. Namun, semua itu perlu perencanaan matang. Perlu adanya penyesuaian tenang, dana yang dianggarkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -