2 Penyebab Diare yang Biasa Disepelekan


Masa kanak-kanak merupakan masa yang penuh dengan kegembiraan, dimana semua orang ingin kembali ke masa kecilnya karena dirasa memang tidak ada beban dan hanya terus bermain. Namun terkadang keceriaan mereka seketika hilang karena beberapa gangguan seperti gangguan kesehatan salah satunya penyakit diare yang merupakan penyakit yang biasa terjadi terutama pada anak-anak. 

Diare pada anak memang biasa terjadi, karena anak tidak memikirkan kebersihan dari makanan yang mereka konsumsi sehingga terjadi diare. Hal ini tidak boleh disepelkan, karena dapat berkibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Penyakit diare ini biasa ditandai dengan beberapa gejala seperti demam, tidak nafsu makan, lemas, sering buang air besar, bahkan ada beberapa diantaranya disertai dengan mual dan muntah.

Dari banyak penyebab diare, beberapa diantaranya yaitu:
  • Makanan dan minuman

Makanan dan minuman secara langsung masuk ke dalam tubuh. Jadi jika tidak disaring atau dipilih secara cermat tentang kebersihan makanan dan minuman, maka akan menyebabkan terjadinya reaksi negative pada tubuh seperti keracunan dan diare. Makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, dan juga kuman, tentunya akan berdampak negative pada tubuh. sehingga terjadi sakit perut yang berkelanjutan dengan frekuensi yang sering. Karena itulah, hati-hati memilih makanan yang akan dikonsumsi dan biasakan cuci tangan sebelum makan.
  • Reaksi obat

Ada beberapa obat kimia yang memiliki efek samping terhadap tubuh dengan gejala diare. Hal tersebut merupakan reaksi dari obat tapi hanya beberapa obat dan tergantung dari kondisi tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Bahkan beberapa reaksi dari obat terlarang, minum minuman beralkohol juga dapat berpengaruh terhadap reaksi pada buang air besar.

Nah itulah beberapa penyebab diare yang biasa terjadi. Diare pada anak leih besar kemungkinanya berasal dari makanan dan minuman yang terkontaminasi, bahkan mereka dengan kepolosannya tidak memilih makanan yang bersih dan jarang untuk mencuci tangan. Mengkonumsi susu dancow adalah salah satu alternatif untuk memberikan asupan gizi yang terkuras akibat diare, jadi sediakan selalu dancow di rumah untuk kebutuhan gizi anak=anak.

0 komentar: