Beberapa Fungsi Oli Untuk Mesin Mobil

oli mobil terbaikoli mobil terbaik

Oli mesin merupakan jenis oli yang paling banyak dijual dipasaran dengan berbagai merek dan harga. Salah satunya ada TOP 1 yang merupakan oli mobil terbaik yang bisa anda pilih. Sesuai dengan namanya, cairan ini yang dimasukan ke dalam mesin mobil. Cairan yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Seiring pemakaiannya, minyak mesin ini mengalami penurunan kualitas dan fungsinya. Sehingga butuh dilakukan pergantian ulang, sehingga kinerja mobil dapat terjaga. 


Berikut ini ada beberapa fungsi oli mesin bagi mobil, diantaranya:

Pelumas

Ketika mesin dihidupkan, oli akan disirkulasikan ke setiap komponen mesin oleh salah satu alat yaitu pompa oli. Nantinya cairan ini akan melewati bagian-bagian mesin yang bergerak dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut. Proses ini bermanfaat agar komponen di mesin tersebut terhindar dari kerusakan dan aus.

Perapat

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa ketika oli mesin sedang disirkulasikan di dalam mesin, maka akan membentuk lapisan tipis. Lapisan inilah yang akan merapatkan celah diantara dua benda yang bergerak. Sehingga tenaga pembakaran tidak akan mengalami kebocoran. Alhasil tenaga mobil yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Pembersih

Ketika sedang dilakukan proses sirkulasi di wilayah mesin, oli yang sudah tersaring di filter oli akan melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder dan lain sebagainya. jika daerah-daerah tersebut ada kotoran seperti pasrtikel logam akibat gesekan, maka oli akan membersihkan dengan cara mendorong kotoran tersebut. Sehingga bagian mesin yang ada partikel logamnya akan bersih kembali. Hal inilah mengapa kita harus senantiasa melakukan pergatian oli mesin secara rutin.

Penyerap panas

Saat mesin dihidupkan, maka terjadilah proses pembakaran yang menghasilkan suhu panas yang nantinya diubah menjadi tenaga. Di saat yang bersamaan, oli bersirkulasi pada bagian mesin. Ketika oli tersebut melewati bagian-bagian mesin, maka panas pada komponen tersebut dapat terserap. Sehingga membuat temperatur mesin terjaga san tetap dingin.

Itulah beberapa fungsi oli mesin yang perlu kita ketahui. Untuk itu pilihlah oli mobil terbaik seperti TOP 1 yang memiliki kualitas terbaik.

0 komentar: