Resep Makanan Tradisional Kue Cuhcur


Resep Makanan Tradisional - Provinsi Banten merupakan sebuah daerah yang dikenal sebagai destinasi wisata. Disamping wisata pantai, sejarah, religi, bumi kesultanan ini juga dikenal dengan wisata kulinernya. 

Melimpahnya jenis kuliner Banten dapat kita lihat terutama saat Ramadan. Sejumlah sentra jajanan ataupun makanan berbuka puasa, seperti kue kuliner khas Banten dijajakan para pedagang. Ketan bintul banyak diburu oleh masyarakat untuk berbuka. Demikian pula dengan kue cucur, rabeg dan lain sebagainya. Di Ramadhan, kuliner Banten menjadi primadona.

Kue cucur adalah kue kuliner khas Banten yang berasal dari Sareweh, Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Orang Sareweh pada umumnya menyebutnya dengan “cuhcur”. Namun di Serang, Banten disebut dengan kue cucur. Kue yang berbahan dasar gula merah dan juga tepung beras ini pada umumnya disajikan untuk acara-acara pernikahan, acara keluarga, dan juga untuk camilan sehari-hari. 

resep makanan tradisional


Kue ini memang sekilas tampak menyerupai serabi. Walaupun sama-sama disajikan dengan daun pisang dan berbentuk bulat, tapi kue cucur sedikit berbeda. Kue yang membutuhkan proses yang lama dalam pembuatannya ini berwarna kecoklatan dengan tekstur yang lebih tebal dan juga berserat. Lantas apa saja yang perlu disiapkan dalam membuat resep makanan tradisional, mari kita simak:

Bahan-Bahan:


75 gram tepung terigu
250 gram gula merah
3 sdm GULAKU
250 gram tepung beras
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
250 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:


Campurkan air, gula merah, GULAKU, dan daun pandan. Masak hingga tercampur rata dan mengental.
Biarkan campuran tersebut diatas dingin, kemudian buang daun pandannya.
Ayak tepung beras, tepung terigu, dan juga garam bersama dalam satu wadah.
Masukkan cairan gula yang telah dibuat ke dalam campuran tepung secara perlahan sambil diaduk.
Uleni adonan hingga lembut dan tercampur rata.
Tepuk-tepuk adonan kurang lebih 20-30 menit.
Diamkan adonan kurang lebih setengah jam.
Panaskan minyak goreng , lalu tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam minyak panas. Siram-siram dengan minyak hingga muncul serat-serat di pinggiran kue dan bagian tengahnya sedikit menggembung. Goreng hingga matang.

Resep makanan tradisional khas Banten ini sudah bisa menjadi kue yang siap dihidangkan untuk camilan keluarga Anda. Anda bisa menikmatinya dengan secangkir teh hangat.

0 komentar: