Mengenal Pengemulsi Jenis Lesitin yang Terbuat dari Bahan Alami

 

Saat membeli cemilan atau minuman di minimarket, Anda mungkin akan menemukan lesitin sebagai salah satu ingredients-nya. Lesitin termasuk jenis pengemulsi atau emulsifier yaitu zat yang bisa menyatukan berbagai macam bahan yang sebenarnya sulit untuk disatukan. Penasaran lebih dalam mengenai lesitin? Berikut pembahasannya:

Mengenal Apa Itu Lesitin 

Lesitin merupakan emulsifier yang termasuk alami karena terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti emulsifier lainnya, lesitin memiliki kemampuan menyatukan berbagai macam komponen yang tidak bisa disatukan seperti air dan minyak. 

Karena adanya lesitin, makanan dan minuman lebih stabil sehingga cita rasa serta teksturnya lebih baik. Lesitin juga termasuk zat lemak sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak hanya lezat tapi juga bermanfaat.  

Sumber Alami Lesitin

Lesitin yang berasal dari bahan alami tentu saja lebih aman untuk makanan. Adapun bahan-bahan yang biasanya menjadi sumber pengemulsi lesitin yaitu:

1. Telur

Salah satu sumber alami lesitin yang sering dipakai adalah telur. Dibandingkan bagian putihnya, bagian kuning telur lebih banyak mengandung lesitin. Ada proses ekstraksi yang dilakukan untuk memisahkan antara kuning dan putih telur agar mendapatkan lesitin murni. Lesitin dari telur bisa dipakai untuk produk roti, kue, permen, hingga cokelat. 

2. Kacang Kedelai

Jika berbicara mengenai sumber lesitin yang paling umum dipakai di industri pangan, maka jawabannya adalah kacang kedelai. Proses ekstraksinya panjang namun sederhana. Mulai dari menekan biji untuk mendapatkan minyak, hingga pengeringan dan penyaringan. Lesitin dari kacang kedelai mampu meningkatkan rasa dan meningkatkan tekstur makanan menjadi lebih baik. 

3. Biji Bunga Matahari

Sumber alami untuk lesitin yang terakhir adalah biji bunga matahari. Ada beberapa makanan atau cemilan yang menggabungkan lesitin kacang kedelai dan biji bunga matahari untuk mendapatkan hasil terbaik. Biasanya diterapkan pada produk makanan beku, saus, cokelat, dan roti.

Penutup

Nah, itulah informasi mengenai salah satu jenis pengemulsi alami yaitu lesitin. Kinder Joy juga menggunakan emulsifier berupa lesitin untuk membuat tekstur dan rasanya lebih lezat. Lesitin tersebut menggunakan bahan utama berupa biji bunga matahari dan kacang kedelai. 

Lesitin kedelai yang didapatkan berasal dari negara-negara yang terkenal dengan kualitasnya. Tidak hanya lesitin saja, bahan Kinder Joy lainnya yaitu susu, kakao, ekstrak malt, hingga hazelnut. Karena bahan yang lezat dan berkualitas, tidak heran jika banyak anak begitu menyukainya.


0 komentar: