Membentuk Ikatan Bonding Untuk Kesehatan Mental Anak



Ikatan emosional yang terjalin antara ibu dan anak bonding adalah dasar untuk perkembangan dan kesejahteraan si Kecil sepanjang hidupnya, ikatan emosional ini tidak hanya penting untuk kesehatan mental dan emosional anak, tetapi juga memainkan peran kunci dalam perkembangan sosial, kognitif dan fisik mereka.


Menjalin ikatan emosional antara ibu dan anak merupakan salah satu hal penting yang harus terus ditingkatkan karena kedekatan bersama mereka akan menjadi sebuah kekuatan baru untuk si buah hati, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding antara ibu dan anak, tidak hanya memberikan manfaat pada anak, tetapi juga dapat menaikkan mood dan psikologis Anda sebagai ibu.


1. Memberi Rasa Aman Kepada Anak


Dengan ikatan emosional yang kuat dapat memberikan anak perasaan yang aman dan nyaman,anak yang merasa dicintai dan diberi perhatian oleh ibunya akan lebih mungkin merasa aman dalam menjelajahi dunia dan mengatasi stres.


2. Mendorong Perkembangan Emosional yang Sehat


Untuk membuat mental dan emosi anak menjadi lebih baik dan sehat, orang tua sangat berperan disini, karena anak yang mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan ibu mereka cenderung memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik, mereka akan lebih mampu mengenali dan mengelola perasaan sendiri serta memahami perasaan orang lain.


3. Meningkatkan Perkembangan Bahasa dan Kognitif


Melalui interaksi yang hangat antara anak dan ibu dapat membantu merangsang perkembangan bahasa dan kognitif anak, ketika ibu berbicara dan berinteraksi, ini akan membantu membangun pondasi yang kuat untuk perkembangan bahasa dan kemampuan berpikir si Kecil.


4. Membentuk Hubungan Sosial yang Sehat


Ikatan emosional yang kuat dengan ibu dapat membantu anak mengembangkan hubungan sosial yang sehat. Mereka akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain, merasa nyaman dengan keintiman emosional dan belajar membentuk ikatan dengan teman-teman dan keluarga mereka.


5. Penting untuk Kesehatan Mental


Penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan ibu, akan lebih mungkin memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Ini dapat membantu mereka mengatasi stres dan tekanan dengan lebih baik saat dewasa nanti.


Dalam keseluruhan, ikatan emosional atau bonding yang kuat antara ibu dan anak adalah investasi berharga dalam kesejahteraan anak. Jangan lupakan juga untuk penuhi asupan vitamin anak dengan Blackmores Koalakids Multi Chewables, multivitamin anak yang mengandung 12 vitamin dan 6 mineral untuk membantu si Kecil eksplorasi belajar dengan kebaikan dari alam.

0 komentar: