Diet Rendah Kalori


Pada prinsinya, menanggulangi kegemukan itu adalah mengupayakan adanya keseimbangan energi negatif di dalam tubuh. Artinya, masukan energi yang masuk ke tubuh harus lebih rendah dari yang dibutuhkan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan energy tubuh, diambil dari cadangan yang mayoritas berupa lemak tubuh. 

Cara ini dikenal sebagai diet rendah kalori. Bila lemak tubuh dibakar untuk memenuhi kebutuhan energy, maka terjadilah penurunan berat badan. Menurut para pakar gizi, jalan yang paling aman untuk mendapatkan keseimbangan energi negatif, ialah dengan mengkombinasikan diet rendah kalori dengan olah raga dengan dosis yang tepat. Masukan energi rendah ini bisa diperoleh dari menu – menu makanan tertentu. Menu semacam ini disebut menu diet sehat.

Diet rendah kalori seimbang, merupakan salah satu diet dari kelompok rendah kalori yang paling aman dan kita harus mengetahui menu diet sehat. Perhatiannya ditujukan pada jumlah kalori yang diberikan, dan bagaimana pembagian kalori tersebut terhadap komponen zat-zat gizi yang membentuknya. Jadi, zat-zat gizi yang diperlukan tubuh harus terpenuhi seluruhnya. Namun, pemasukan energi harus dikurangi sampai jumlah yang masih bisa ditolerir tubuh. 

Pada diet kalori seimbang, yang dibatasi adalah sumber energinya saja. Energi didapat dari makanan, khususnya yang berupa hidrat arang dan lemak. Hidrat arang banyak terdapat pada jenis padi-padian, biji-bijian, dan umbi-umbian yang diolah menjadi nasi, roti, sagu, talas, jagung, gandum, dan sebagainya. Selain itu gula kecuali gula buatan dan madu, termasuk sumber energi yang harus dibatasi. Setiap gram hidrat arang yang dibakar di dalam tubuh, menghasilkan 4 kalori.

Persoalan menu diet sehat disadari betul oleh Nestle yang mengeluarkan produknya yang ramah kesehatan salah satunya adalah Nestlé FITNESSE, produk sereal ini baik digunakan untuk sarapan, produk ini juga memiliki komposisi rendah lemak dengan gandum utuh. Produk lainnya yang tidak kalah bergizinya adalah Nestlé HONEY STARS. Sereal sarapan yang terbuat dari jagung dengan kebaikan alami gandum utuh bergizi berbentuk bintang ini berlapiskan madu. Dan masih banyak lagi produknya yang sangat cocok bagi orang yang diet rendah kalori.


0 komentar: