Tips Cara Menghafal Cepat


Gaya belajar setiap orang tekadang berbeda-beda. Ada yang senang dengan gaya belajar menulis sehingga ia akan menuliskan hampir semua materi yang dipelajari. Gaya belajar seperti ini cenderung mengandalkan kekuatan visual. Ada juga yang senag belajar dengan menghafal materi dengan lantang diungkapkan lewat lisan. Gaya belajar seperti ini cenderung mengandalakan ekuatan audio. Dan ada juga yang belajar dengan memafaatkan semua alat dan cenderung tidak mau diam. Untuk Anda yang memiliki gaya belajar dengan gaya apapun, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk cara menghafal cepat.

Ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk menghafal sebuah materi pelajaran. Berikut adalah bebera tips cara menghafal cepat yang dapat kamu lakukan ketika belajar.

Ciptakan suasana belajar yang menyenagkan, ketika kamu akan belajar ciptakanlah susana yang mendukung untuk belajra, misalkan jika anda suka belajar sambil myemil, siapkan cemilan yang cukup untuk menemai kamu belajar sehingga kamu akan semangat belajar.

Gunakan pulpen berwarna – warni saat mencatatmater pelajaran yang sedang kamu hafalkan, karena tulisan yang berwarna – warni dapat meningkatkan semangat dan cenderung tidak monoton, sehingga kamu tidak akan jenuh ketika mambaca catatan materi pelajaran mu.

Catat kembali materi yang sedang kamu hafalkan pada secarik kertas, terutama poin –poin penting dalam materi tersebut sehingga kamu dapat membaca ulang materi apa yang sedang kamu pelajari
Lakukan penghafalan dengan suara yang keras dan lantang agar terdengar oleh telinga kita sendiri, hal tersebut dapat menguatkan tingkat hafalan materi yang sedang kita lakukan.

Lakukan secara berulang – ulang, ketika kita menghafalkan sebuah materi pelajaran ucapkanlah materi tersebut secara berulang –ulang sehingga akan terekam dalam memori di otak kita dan membuat kita cepat hafal materi tersebut.

Gunakan alat perekam suara untuk merekan suara kita saat pelafalkan materi pelajaran, setelah itu putar berulang – ulang rekaman tersebut hingga kita hafal materi yang kita pelajari.
Itulah beberap tips cara menghafal cepat yang dapat kamu lakuakan saat menghafal materi pelajaran, silahkan mencoba...

0 komentar: