Posted by : Windi Ariska Senin, 19 Desember 2016


Kita tahu bahwa setiap orang tua pasti ingin sekali memiliki anak yang tumbuh kembang menjadi seorang anak yang sehat, cerdas dan memiliki kepribadian baik seperti rajin, sopan dan ramah suka menolong orang, jujur mandiri, dan banyak lagi. Hanya saja yang sering kali belum di sadari oleh orang tua adalah dari segi pola asuh anak sebagai salah satu kesalahan sehingga dalam bentuk kecerdasan dan kepribadian positif yang diharapkan tidak muncul pada anak-anak. 

Pola asuh anak sangat penting sekali terhadap pengaruh dari perkembangan kepribadian anak. Boleh jadi kesalahan dalam mengasuh anak dilakukan karena kita kurang pengetahuan. Ditambah lagi pola asuh anak kita terima dari dulu dari orang tua secara turun menurun yang salah satu dianggap lebih baik. Karena memang terbukti menjadi orang seperti orang tua mereka. Nyatanya tanpa kita sadari pola tersebut tidak lagi cocok diterapkan untuk anak zaman sekarang.
Berbicara pola asuh anak, ada tiga macam diantaranya:

Pola Asuh Otoriter
Dalam pola asuh seperti ini, peran orang tua sangat dominan dalam membentuk perilaku terhadap anak-anak dalam arti dipaksa untuk berprilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari dan dalam bidang pendidikan.

Pola Asuh Permisif
Pola asuh ini berbanding terbalik dari pola asuh otoriter. Dalam pola asuh ini anak memiliki kebebasan yang besar dari orang tua sehingga anak dapat mengembangkan kreativitasnya secara luas. Segala keinginan seorang anak dikabulkan oleh orang tuanya.

Pola Asuh Demokratis
Pola asuh ini merupakan perpaduan antara pola asuh otoriter dan permisif. Dalam hal ini orang tua memberikan disiplin dan tuntunan dalam kehidupan anak dikesehariannya tanpa mengekang kebebasannya. Artinya anak boleh melakukan apapun dengan batas wajar dan tidak merugikan dirinya sendiri. Anak-anak dengan pola asuh seperti ini akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
Dengan ke tiga macam pola asuh anak di atas, anda sebagai orang tua dapat melakukan peran yang terbaik. Selagi nutrisi yang diberikan harus baik juga seperti dari susu. Susu yang terbaik adalah dari susu dancow.

- Copyright © The Production Line - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -