5 Persiapan Penting Kuliah Diluar Negeri

5 Persiapan Penting Kuliah Diluar Negeri
Melanjutkan kuliah S1 atau program pasca sarjana di luar negeri memang tidaklah mudah. Ada banyak persiapan yang harus di lakukan. Bahkan mereka mempersiapkannya hingga beberapa tahun. Hal itu karena untuk tinggal dan belajar di luar negeri bukan hal yang mudah. Adapun persiapan yang paling penting untuk kuliah pasca sarjana di luar negeri yaitu:

Dokumen dan persyaratan dari perguruan tinggi
Saat anda memutuskan untuk kuliah di luar negeri pastikan semua dokumen dan persyaratan telah lengkap. Karena dokumen dan persyaratan kuliah akan diperiksa oleh perguruan tinggi yang anda tuju.

Kemampuan berkomunikasi dan kenali budayanya
Mungkin anda bertanya kenapa kemampuan berkomunikasi? Dalam hal ini kemampuan bahasa di negera tempat anda kuliah. Selain bahasa anda juga perlu memperhatikan budaya dan kebiasaan mereka. Hal ini bertujuan agar anda tidak kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. 

Kita ketahui bahwa hidup itu harus bersosialisasi dan kita tidak hanya menghabiskan waktu di kampus tapi juga di lingkungan tempat tinggal juga. Tentunya tetangga anda tidak akan menggunakan bahasa formal saat, maka persiapkan juga bahasa yang digunakan untuk keseharian.

Persiapan Tes TOEFL dan GRE
Dua tes ini biasanya selalu menjadi syarat untuk bisa diterima di perguruan tinggi di luar negeri terutama Amerika Serikat. Kaplan GRE dan toefl sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Hal ini karena Kaplan GRE dan toefl bukanlah tes yang gampang. Bahkan kebanyakan orang mengikuti program persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan tes.

Budget
Hal penting lain yang perlu dipersiapkan adalah dana. Meskipun kita kuliah dengan beasiswa namun biaya kekurangannya harus diperhitungkan.

Passport dan visa
Buatlah passport dan visa sejak jauh hari. Alangkah baiknya anda membuatnya 10 bulan sebelum keberangkatan.

Demikian lima hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum anda melanjutkan pendidikan pascasarjana anda di luar negeri.

0 komentar: