Kenali Ciri Hoax Pada Berita Politik

Saat berita sudah mulai menyebar dengan cepat di dunia maya, maka berita pun sudah tidak terfilter lagi. Sehingga berbagai jenis berita bertebaran, dari mulai berita asli hingga berita hoax. Tidak sedikit masyarakat yang termakan dengan berita hoax, bahkan sampai menyebarkan ulang dan menambah korban berita hoax. Biasanya hoax banyak muncul dalam berita politik. Tentunya hal ini sangat merugikan berbagai pihak, baik pihak yang terlibat dalam berita hoax maupun bagi pembaca berita. Maka dari itu kita selaku penerima informasi dari berita, sebaiknya harus mengetahui apa saja yang menjad ciri ciri dari berita hoax supaya dapat terhindar dari berita hoax yang simpang siur itu. Adapaun ciri cirinya adalah sebagai berikut :

Menyebabkan permusuhan
Ciri pertama dari berita hoax adalah, ketika berita itu disebarkan langsung menimbulan persepsi negatif di masyarakat, sehingga menimbulkan permusahan kebencian dan prasangka buruk dari masyarakat. Seharusnya berita berisfat netral dan hanya murni memberikan informasi. Maka jika anda menemukan informasi yang memberikan efek provokasi sebaiknya anda jangan mempercayainya terlebih dahulu.

Sumber berita tidak jelas
Bisa kita perhatikan bagaimana berita asli dimuat dengan menyertakan sumber berita yang jelas dan tegas, sedangkan berita hoax biasnaya tidak memiliki sumber berita yang jelas dan seringa hanya sifatnya opini saja.

Isi berita hanya tuduhan
Berita hoax biasa dibuat untuk menjatuhkan salah satu pihak. dan ini bisa terlihat dari isi berita yang hanya menyudutkan salah satu pihak tertentu saja. apalagi jika adalam musim politik, bisa kentara sekali mana berita hoax mana yang asli. Karena berita hoax akan menyudutkan salah satu kubu politik, bahkan bisa membongkar seluruh keburukan orang, atau hanya memfitnah saja.

Bermuatan fanatisme
Berita hoax juga berisi uraian yang keras semacam fanatisme yang dapat mempengaruhi pola pikir dan persepsi masyarakat yang membacanya. Dalam berita yang berkaitan dnegan politik, biasanya akan berisi mengenai ajakan untuk mendukung salah satu parpol dna mengagung –agungkannya. Tentunya hal ini sudah jauh dari hakikat sebuah berita.

Itulah beberapa ciri ciri dari berita hoax yang bisa anda amati. Pastikan saat anda membaca berita politik, anda bisa terhindar dari berita hoax dan benar benar memperoleh informasi asli dari sumber yang jelas dan terpercaya, anda bisa buka situs mata mata politik untuk dapatkan berita anti hoax.

0 komentar: