Memahami Siklus Haid Untuk Program Kehamilan

Image result for sakit saat menstruasi femometer

Wanita yang memiliki siklus haid yang teratur memang akan sangat mudah untuk menentukan masa suburnya. Sehingga tidak akan kesulitan ketika sedang melakukan program kehamilan. Namun, tidak sedikit juga wanita yang memiliki siklus haid yang  kurang normal. Ketika anda merasakan rasa sakit saat menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit, hal itu juga harus dipertanyakan.

Siklus menstruasi yang baik berjarak antara 21-35 hari dengan volume haid 4 sampai 7 hari. Namun, siklus menstruasi yang tidak normal biasanya berjarak antara berbulan-bulan lamanya tentunya hal tersebut merupakan hal yang tidak wajar sehingga juga akan memperlambat rencana program kehamilan anda. 

Penyebab menstruasi yang tidak teratur biasanya terjadi karena adanya gangguan hormonal, adanya kista, sindrom ovarium bahkan stess pun bisa berdampak pada tidak teraturnya siklus haid anda. Namun tentunya anda juga harus berkonsultasi dengan dokter agar tahu penyebabnya , jika kita sudah tahu penyebabnya tentu gangguan tersebut akan bisa diatasi dengan segera. Sehingga, kemungkinan anda akan memiliki siklus haid yang normal kembali serta kesempatan hamil yang lebih besar.

Cara untuk memahami siklus menstruasi adalah dengan mencatat siklus haid meskipun siklusnya tidak teratur tapi anda dapat mengetahui seberapa tidak normalnya siklus haid anda dan bisa berkonsultasi lebih lanjut pada dokter. Kemudian gunakan alat pengetes masa subur anda. Dan tentunya harus menerapkan pola hidup yang sehat dan mencapai berat badan yang ideal. Namun yang pasti hindarilah stress karena hal itu sangat berpengaruh pada hormon penyebab menstruasi, stress pun dapat memicu adanya rasa sakit saat menstruasi secara berlebih. 

Jika anda mengalami tanda-tanda akan menstruasi seperti rasa sakit saat menstruasi yang terjadi sebelumnya artinya anda akan memasuki fase menstruasi, kemudian catatlah jarak dari menstruasi anda selama 6 bulan berturut-turut. Jika siklus menstruasi anda sudah memasuki siklus normal maka dari sana anda dapat melakukan program kehamilan lagi. Dizaman yang sudah modern ini banyak sekali teknologi yang bermunculan, dalam dunia kesehatan pun sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi seperti misalnya alat femomoter ini merupakan alat yang dapat membantu anda mencatat siklus menstruasi anda sehingga anda tidak lagi mencatat secara manual. 

0 komentar: