Macam – macam makanan bergizi untuk pertumbuhan anak

makanan bergizi untuk anak

Anak – anak yang menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan pastinya sangat membutuhkan nutrisi yang penting bagi tubuh, Anda sebagai orang tua berkewajiban untuk memberikan asupan makanan terbaik untuk sang anak. Agar anak dapat tumbuh berkembang dengan optimal sesuai dengan masanya. Anda pasti akan bangga bukan memiliki anak yang cerdas dan membanggakan orang tua. Banyak sekali makanan bergizi untuk anak yang dapat dikonsumsi. Catatan penting ketika anda sedang menyiapkan makanan untuk si kecil, anda harus menyeimbangkan kandungan makanan yang anda berikan setiap harinya. Jika anda hanya mementingkan nutrisi yang banyak untuk si anak tanpa memerhatikan keseimbangannya, dikhawatirkan si anak mengalami obesitas. Berikut ini makanan yang dapat anda berikan sebagai makanan bergizi untuk anak, diantaranya:

  1. Selai kacang
    Kacang – kacangan banyak mengandung protein, lemak tak jenuhm serta energi untuk anak – anak. Selain itu, selai kacang juga mengandung gula, kelapa sawit, garam, lemak terhidrigenasi yang terkadang dapat mengurangi kandungan nuutrisi. Tetapi hal itu tak perlu khawatir, karena gizi yang diproleh dari kacang sangat tinggi. Modifikasi makanan kacang menjadi selai kacang dapat meningkatkan minat makan si kecil.
  2. Gandum
    Gandung mengandung serat – serat yang mampu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mencegah sembelit. Gandum dapat dibuat sereal atau biskuit untuk cemilan. Sehingga di sela – sela jam makan anak, sang ibu dapat memberikannya. Kombinasi gandum dengan beras merah atau nasi putih atau roti putih dapat memoerkaya cita rasa orang yang mengonsumsinya. Bagi anak, memvariasikan makanan seperti itu sangat butuh sekali agar anak tidak cepat bosen terhadap suatu jenis makanan.
  3. Ikan
    Ikan mengandung protein yang sangat banyak, Sehingga ikan sangat berfungsi untuk membangun otot – oto dan tulang yang sangat sehat. Kandungan minyak pada ikan mengandung og=mega 3 yang berguna untuk mendukung perkembangan dan kesehatan mata, otak, dan syaraf. Ikan yang mengandung omega 3 yang tinggi yaitu ikan salmon. Ikan dapat di makan sebagai lauk dari nasi.

0 komentar: