Perusahaan Amonia Indonesia PT Parna Kaltim

PT Parna Kaltim
PT Parna Kaltim
Amonia adalah zat kimia yang banyak dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satu diantaranya adalah dibutuhkan untuk pembuatan pupuk. PT Kaltim Parna Industri atau yang dikenal dengan KPI ini merupakan anak perusahaan dari PT Parna Raya yang didirikan oleh Marihad Simon Simbolon. 

KPI adalah sebuah bentuk pengembangan usaha dari PT Parna Raya yang bergerak dalam bidang industri petrokimia. Awal mulanya didirikan, PT Parna Raya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri transportasi angkutan muatan berat seperti semen, pupuk dan beberapa komoditi lainnya baik melalui darat maupun laut. Seiring berjalannya waktu, perusahan tersebut terus berkembang dan memiliki anak perusahaan seperti salah satunya adalah KPI.

PT Parna Kaltim adalah perusahaan yang bergerak dalam industri petrokimia yang pada pertama kali didirikannya perusahaan tersebut mampu memproduksi amonia sebanyak 1.500 MT per harinya. Perusahaan ini berdiri dan beroperasi di kawasan industri PT Kaltim Industrial Estate (KIE) yang bertempat di Bontang Kalimantan. 

Pabrik dan berbagai fasilitasnya berdiri di atas tanah kurang lebih 8 hektar luasnya. Perusahaan ini pun memiliki sebuah kantor perwakilan yang terletak di Menara Imperium lantai 12, Jakarta Selatan. KPI pertama kali diterbitkan pada tahun 1995 yang kemudian disahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 13 Februari tahun 1996.

Pada kala itu, pemegang saham mayoritasnya adalah PT Parna Raya, yang saat itu bergerak dalam industri energy, perdagangan dan transportasi (laut dan darat). Kemudian pada tanggal 26 September di tahun 1997, PT Parna Raya mulai menggandeng investor asing untuk agar bisa merealisasikan pendirian pabrik amonia KPI yang mana pada saat itu Indonesia tengah mengalami krisis moneter. 

Kala itu, KPI lalu berubah menjadi PMA yang pemegang sahamnya dibagi – bagi pada beberapa perusahaan lokal hingga internasional. Lalu akhirnya pada tahun 2001, perusahaan ini telah mengalami perkembangan dari awal mulanya hanya memproduksi 1.500 MT/hari amonia, kini telah mampu memproduksi 19.000 MT/amonia. KPI pun kini bangga sebagai satu – satunya produsen Amonia swasta di Tanah Air yang telah beroperasi dengan seluruhnya adalah tenaga ahli dari dalam negeri.

0 komentar: