Berat Badan Ideal Anak Usia 6-12 Tahun yang Merupakan Usia Sekolah

Berat Badan Ideal Anak
Berat badan ideal anak usia enam hingga 12 tahun berbeda-beda. Anak usia 6 – 12 tahun merupakan usia anak sekolah yang mana anak-anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya disekolahan daripada di rumah. Pada usia tersebut anak akan lebih aktif sehingga orang tua perlu untuk memperhatikan gizi anak. Berikanlah makanan yang mengandung nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Pastikan anak anda mengonsumsi makanan yang sehat dan tumbuh dengan berat badan yang ideal. 

Pertumbuhan yang dialami setiap anak berbeda-beda. Umumnya, pertumbuhan pada anak usia 6 – 12 tahun cenderung stabil daripada anak pada masa bayi dan masa remaja. Pada usia tersebut, anak mengalami pertambahan berat badan yang lambat. Angka berat badan ideal anak dengan usia 6-12 tahun adalah sekitar 21 hingga 41 kg untuk anak laki-laki dan 20 hingga 42 kg untuk anak perempuan. Angka berat badan ideak juga bisa diketahui dengan cara menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) yaitu dengan membagi berat badan dengan tinggi badan anak. 
Berat Badan Ideal Anak
Setelah menghitung nilai IMT anda bisa melihat angka berat badan normal yang menjadi standar IMT. Jika berat badan anak kurang dari nilai IMT maka anak anda mempunyai tubuh kurus dan perlu penambahan gizi. Dan jika berat badan anak lebih dari nilai dari IMT maka anak anda kelebihan berat badan dan harus mengurangi makanan yang dikonsumsi. Setiap tahunnya, rata-rata berat badan anak akan bertambah sekitar 3 sampai 3,5 kilogram.

Berat badan ideal anak dipengaruhi oleh beberapa hal seperti hormon, penyakit, dan nutrisi. Anak usia 6-12 tahun memerlukan nutrisi yang banyak karena mereka berada pada masa pertumbuhan. Untuk itu, sebagai orang tua harus memastikan bahwa makanan yang dimakan anak kita merupakan makanan yang sehat dan mengandung gizi yang lengkap. Contoh dari makanan bergizi adalah daging, ikan, tahu, tempe, buah-buahan, sayuran, dan susu. Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, anda juga perlu untuk mengukur berat badan anak secara rutin untuk memastikan bahwa anak anda memiliki berat badan yang ideal dimasa pertumbuhannya.

0 komentar: